Inilah 9 Tips Travelling Aman Untuk Pemula

Dengan memperhatikan beberapa tips travelling aman, pastinya berwisata akan lebih tenang dan terarah. Kamu bisa lebih waspada ketika menghadapi kendala.

Inilah 9 Tips Travelling Aman Untuk Pemula
ilustrasi freepik/@freepik

Ceroboh.com – Zaman sekarang, kegiatan travelling sudah menjadi hobi bagi masyarakat. Orang-orang yang bekerja di kantor kadang menyempatkan membuat jadwal travelling di sela liburnya.

Kini youtuber traveller juga merajalela di Youtube. Mereka bahkan malah menjadikan travelling sebagai ladang untuk mencari uang. Kapan lagi hobi bisa menghasilkan uang, yakan?

Namun ada beberapa orang yang mereka sama sekali belum pernah travelling, dan mereka ingin mencobanya. Sayang, mereka tak cukup ‘bekal’ untuk mencoba hal baru tersebut.

Nah, kalau kamu termasuk traveller pemula tersebut, jangan khawatir. Saya akan mencoba menjelaskan satu persatu mengenai safety tips yang mesti diterapkan untuk para traveller pemula sepertimu.

Inilah 9 tips travelling aman yang bisa kamu terapkan untuk para traveller pemula:

Pilih Lokasi Travelling Yang Aman

Inilah 9 Tips Travelling Aman Untuk Pemula
foto instagram/@becbreezy_

Bagi kamu para traveller pemula, hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan sebelum kamu mengunjungi daerah tertentu, yaitu memilih lokasi travelling yang aman.

Ini penting tapi sering disepelekan para traveller. Pasalnya ada beberapa tempat di dunia yang rawan sekali dikunjungi wisatawan karena banyaknya kasus kriminal di tempat tersebut.

Jadi, memastikan daerah yang dikunjungi aman juga penting. Agar travellingmu aman dan nyaman serta tak banyak rintangan.

Namun jika kamu haus tantangan, boleh dicoba kok, gaes. Silahkan kunjungi tempat-tempat yang memincu adrenalinmu. Hehehe.

Simpan Dokumen Pentingmu Dengan Aman

Inilah 9 Tips Travelling Aman Untuk Pemula
foto instagram/@mrs.schilli

Tips travelling aman berikutnya buat para traveller pemula adalah jangan sembarangan menyimpan dokumen-dokumen pentingmu.

Sebaiknya selain kamu menyimpan file berupa hard copy, kamu sebaiknya juga menyimpannya dalam bentuk hard copy. Misalnya saja KTP, KK, Paspor, Visa dan sejenisnya.

Hal tersebut juga menghindarkanmu dari kelupaan membawanya saat perjalanan. Misalnya jika ke hotel harus bawa fotokopi KTP. Nah, kalau lupa kamu bisa mencetak dari soft copy yang sudah kamu bawa sebelumnya.

Baca juga: Tips Naik Kapal Laut Untuk Pemula

Waspada Dengan Orang Lain

Inilah 9 Tips Travelling Aman Untuk Pemula
foto instagram/@vaidazibaite

Nah, ini juga tips penting yang mesti menjadi perhatian khusus buat para pemula. Waspada terhadap orang lain yang tak dikenal sebelumnya.

Kadang ada beberapa orang yang saat travelling ia begitu mudah percaya kepada orang lain. Mungkin karena ramah dan baik. Namun ternyata ada niat buruk di belakangnya. Alhasil para traveller pemula tersebut tertipu.

Intinya berhati-hatilah saat menghadapi orang lain. Waspada dan kenali modus-modus dibalik kebaikannya.

Catat Nomor Penting di Ponselmu

Inilah 9 Tips Travelling Aman Untuk Pemula
foto instagram/@gezginlerisevin

Selanjutnya kamu perlu mencatat nomor-nomor penting. Tak hanya nomor telepon tour guide, nomor hotel atau nomor lain. Namun juga nomor orang terdekatmu yang ada di kota tempat kunjunganmu.

Catatlah nomor-nomor mereka di buku agenda kecil. Agar ketika HP-mu terjadi sesuatu diluar dugaan seperti misal lowbat dan kebetulan powerbankmu habis daya, kamu bisa melihatnya dari catatan buku agendamu.

Mungkin ini hal kecil yang tak penting untuk dilakukan. Tapi kadang menjadi penyelamat ketika kamu berada dalam keadaan darurat.

Jangan Lupa Cek Jadwal Keberangkatan

Inilah 9 Tips Travelling Aman Untuk Pemula
foto instagram/@jingsssslee

Tips travelling aman selanjutnya yang juga penting. Sebelum kamu berangkat travelling, sebaiknya kamu memastikan jadwal keberangkatan.

Apapun jenis transportasi yang kamu pilih. Baik itu kapal laut, pesawat terbang, kereta api ataupun bis. Kan nggak lucu ya, misal besok berangkat travelling tapi malah lupa jadwal.

Selain itu, kamu  juga harus mengecek jadwal tempat kamu menginap. Agar setelah sampai tujuan, kamu tak perlu repot-repot memesan hotel.

Datanglah di Siang Hari

Inilah 9 Tips Travelling Aman Untuk Pemula
foto instagram/@vaidazibaite

Buat kamu para traveller pemula, pastikan ketika kamu sampai tempat tujuan kamu tiba pada pagi (tapi tak terlalu pagi) atau siang hari.

Hal ini dikarenakan, jika kamu tiba malam hari, bahkan tengah malam kamu akan sesulitan untuk mendapatkan tempat umum. Selain itu, tiba siang hari lebih aman karena masih ramai.

Bayangkan saja malam-malam, kamu sendirian, sepi dan mobil taksi online yang kamu pesan belum tiba ke lokasimu. Seram juga, kan?

Pastikan Barangmu Sudah Lengkap

Inilah 9 Tips Travelling Aman Untuk Pemula
foto instagram/@transeuntedelmundo

Hal lain yang perlu kamu cek adalah perlengkapan travellingmu. Tak perlu banyak-banyak. Yang penting berguna dan bermanfaat ketika berada di lokasi nanti.

Misal mau ke daerah pantai, ya kamu bawa topi, kacamata, sendal, tikar, sunblock dan sebagainya.

Bawa Obat-obatan Pribadi

Inilah 9 Tips Travelling Aman Untuk Pemula
foto instagram/@vaidazibaite

Selain perlengkapan san dokumen penting, hal lain yang tak kalah penting adalah membawa obat-obatan pribadi. Kan ribert juga kamu berada di tempat travelling dan kamu tak menemukan obat yang kamu butuhkan.

Jadi membawa obat-obatan pribadimu adalah hal penting. Terutama buat kamu traveller pemula.

Lihat juga: Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Api

Pisahkan ATM dengan Uang Tunai

Inilah 9 Tips Travelling Aman Untuk Pemula
foto instagram/@transeuntedelmundo

Terakhir, kamu sebaiknya memisahkan ATM dengan uang tunaimu. Uang pun jangan kamu letakkan di satu tempat saja. Dompet, misalnya.

Simpanlah sebagian di koper, di tas lalu di dompet. Jika saja uang di dompet hilang karena dicopet oknum tak bertanggung jawab, kamu masih ada cadangan.

Hal ini tak akan membuat travellingmu terlalu buruk. Dan kamu tetap bisa menikmatinya!

Itulah beberapa tips travelling aman yang mungkin bisa kamu praktikkan buat para traveller pemula. Nah, semoga tips-tips ini bisa membantumu, ya. Happy travelling!

BERI KOMENTAR