7 Tips Travelling Ke Luar Negeri Untuk Pemula

Bagi pemula mungkin bingung apa saja sih yang harus dipersiapkan ketika akan travelling ke luar negri? Yuk simak tips travelling ke luar negeri berikut ini!

7 Tips Travelling Ke Luar Negeri Untuk Pemula
ilustrasi freepik/@freepik

Ceroboh.com – Siapa sih, yang nggak bahagia mendapatkan kesempatan bisa travelling ke luar negeri? Semua orang tentu senang bisa menjelajah dunia.

Jika kamu travelling keliling Indonesia, mungkin kamu masih bisa menyiasati beberapa hal yang kurang. Misalnya saja, kita ada barang pentingmu yang ketinggalan kamu bisa menghubungi teman atau kerabatmu untuk mengirimkannya.

Namun itu belum tentu berlaku kalau travellingmu berada di luar negeri. Kamu akan kerepotan menambah yang paket kirim, misalnya. Barang pun belum tentu sampai karena jangkauannya sudah bukan Indonesia lagi.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti itu kamu perlu persiapan matang sejak jauh-jauh hari sebelum kamu berangkat travelling ke luar negeri.

Yuk simak tips-tips yang harus kamu perhatikan ketika kamu travelling ke luar negeri untuk pertama kalinya:

1. Mencari Informasi Mengenai Negara Tujuanmu

7 Tips Travelling Ke Luar Negeri Untuk Pemula
foto instagram/@freezethetravelmoment

Tips travelling ke luar negeri yang pertama dan yang paling penting adalah pastikan kamu memiliki pengetahuan cukup mengenai negara tersebut.

Kamu bisa mencari tahu mengenai aturan-aturan umum ketika berada di sana. Juga kebiasaan yang dilakukan warga negara tersebut.

Selain itu, saat kamu akan pergi, kamu juga sudah harus tahu bagaimana cuaca di negara yang kamu tuju. Jadi, kamu bisa mempersiapkan perlengkapan di musim yang sedang berlangsung.

Misal sedang musim dingin, kamu bisa membawa jaket tebal, sarung tangan, sepatu, baju-baju tebal dan sebagainya.

Baca juga: Tempat Wisata di Rembang

2. Sebaiknya Kamu Belajar Bahasa Asing Lebih Dalam Lagi

7 Tips Travelling Ke Luar Negeri Untuk Pemula
foto instagram/@myl3ne

Memang sih, di zaman sekarang ada fitur-fitur canggih seperti Google Translate. Namun, tetap saja bisa berbahasa asing saat travelling sangatlah penting. Terutama Bahasa Inggris.

Dengan bisa berkomunikasi menggunakan bahasa asing, kamu akan bisa berinteraksi langsung dengan penduduk-penduduk asli sana. Tentu menyenangkan dan seru, bukan? Bisa berkomunikasi langsung dengan mereka?

3. Usahakan Membeli Tiket Jauh Sebelum Hari H

7 Tips Travelling Ke Luar Negeri Untuk Pemula
foto instagram/@myl3ne

Tips berikutnya agar travellingmu ke luar negeri menyenangkan yaitu dengan bersiap-siap membeli tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal berangkatmu.

Selain harganya yang lebih murah, membeli tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal travelling biasanya akan mendapatkan banyak promo-promo yang lumayan.

Bukankah hal ini akan membuatmu menjadi lebih hemat?

Nah, mungkin kamu bisa membeli tiketnya enam bulan sebelum tanggal keberangkatan. Agar semuanya lebih mudah dan efisien.

4. Pesan Hotel di Indonesia Saja

7 Tips Travelling Ke Luar Negeri Untuk Pemula
foto instagram/@simonadice91

Kadang-kadang kesalahan orang saat travelling adalah mereka memilih memesan hotel setelah sampai tujuan. Padahal sebenarnya ini bukan cara efektif. Apalagi di luar negeri.

Hal ini untuk menghindarkanmu dari hal-hal yang tak diinginkan. Misalnya, baterai HP kita lowbat dan kuota kita habis. Padahal belum mengetahui letak lokasi hotelnya.

Untuk itu, pesanlah hotel dari Indonesia saja. Nanti kalau kamu sudah sampai bandara, kamu bisa langsung cusss ke alamat hotelnya.

5. Cari Tempat Wisata Yang FreeTiket

7 Tips Travelling Ke Luar Negeri Untuk Pemula
foto instagram/@world_travelling365

Nah, agar travellingmu lebih hemat di budget, kamu bisa menyiasatinya dengan mencari tempat-tempat wisata yang free tiket. Namun tetap menyenangkan untuk dikunjungi. Tips travelling ke luar negeri ini cukup efektif untuk menghemat biaya liburanmu.

Misalnya saja jalan-jalan ke taman kota yang ada di negara tersebut. Nah, selain hemat kamu bisa menikmati sisi lain dan suasana kota tersebut.

6. Tukarkan Uangmu di Money Changer

7 Tips Travelling Ke Luar Negeri Untuk Pemula
foto instagram/@zazie.35

Travelling ke luar negeri tentunya butuh menukar uang dulu dong. Nah, sebaiknya kamu tak menukarkan uangmu di bandara. Selain tak efektif, menukar uang di bandara lebih mahal.

Jadi, sebelum kamu berangkat ke negara tujuanmu itu, pastikan kamu sudah menukarkan uangmu di Money Changer.

Baca juga: Tips Travelling Bersama Orang Tua

7. Pastikan Dokumenmu Lengkap

7 Tips Travelling Ke Luar Negeri Untuk Pemula
foto instagram/@zlatkokrstevskii

Well. Sebelum semua hal di atas kamu siapkan, pastikan kamu sudah menyiapkan dokumen-dokumen lengkapmu. Misalnya saja visa, paspor, KTP, kartu asuransi serta dokumen-dokumen penting lainnya.

Jika kamu tak menyiapkannya, ini akan membahayakan dirimu sendiri. Ya bayangkan saja kalau kamu check in di bandara namun kamu malah lupa nggak bawa paspor atau visa. Kan, ribet.

Nah, karena pertama kali kamu akan pergi ke luar negeri kamu bisa menyiapkan paspornya at least tiga bulan sebelum keberangkatan lah , ya.

Itulah beberapa tips travelling ke luar negeri untuk pemula yang baru pertama kali bepergian ke luar negri. Semoga membantu, ya. Enjoy your travel guysss!

BERI KOMENTAR