8 Tips Travelling Menggunakan Bus Agar Lebih Nyaman Dan Aman

Bagaimana sih caranya supaya nyaman perjalanan jauh menggunakan bus? Yuk simak penjelasan tips travelling menggunakan bus berikut ini.

8 Tips Travelling Menggunakan Bus Agar Lebih Nyaman Dan Aman
ilustrasi freepik/@freepik

Ceroboh.com – Setelah membahas mengenai tips-tips yang aman ketika travelling menggunakan alat transportasi berupa kereta api, selanjutnyasaya akan membahas mengenai tips travelling menggunakan alat transportasi berupa bus.

Hampir semua orang tentu pernah menaiki bus. Sebab, meskipun kita melakukan perjalanan dengan transportasi utama kereta api, adakalanya kita juga harus menggunakan bus. Sebab, beberapa jalan hanya bisa diakses dengan hanya menggunakan transportasi bus.

Namun, banyak hal-hal yang sebenarnya penting dan harus diperhatikan dalam menaiki bus. Terutama para traveller yang baru pertama kali menggunakan bus dengan perjalanan yang sangat jauh. Baik itu perjalanan wisata dalam negeri, maupun perjalanan wisata luar negeri.

Lalu tips apa saja yang harus diperhatikan oleh traveller ketika sedang melakukan perjalanan jauh menggunakan bus?

Berikut ini saya jelaskan 8 tips travelling menggunakan bus agar lebih asik dan nyaman:

Pastikan Kamu Memahami Secara Lengkap Jadwal dan Rute Perjalanan

8 Tips Travelling Menggunakan Bus Agar Lebih Nyaman Dan Aman
foto instagram/@junepakr

Pertama dan yang utama, untuk melakukan travelling dengan transportasi berupa bus, ada baiknya kamu memahami secara lengkap mengenai jadwal dan rute perjalanan yang akan ditempuh nantinya. Semuanya harus kamu cek dengan detail.

Mulai dari harga tiket, lokasi tempat awal naik, pemberhentian hingga tempat akhir kita turun dari bus nantinya. Kamu juga perlu mengetahui mana saja tempat-tempat yang akan dijadikan pemberhentian bus untuk beristirahat.

Kamu bisa bertanya-tanya kepada temanmu yang mungkin pernah melakukan perjalanan yang sama. Mungkin saja mereka bisa membantu dan akan memberikanmu tips dan warning yang perlu dilakukan selama perjalanan nanti.

Sebab jika tak aktif bertanya seperti itu, akan berakibat fatal. Biasanya bus akan menurunkan penumpang sebelum pemberhentikan akhir kita sampai. Kan kzl juga.

Pastikan Tempat Duduk Yang Kamu Pilih Nyaman

8 Tips Travelling Menggunakan Bus Agar Lebih Nyaman Dan Aman
foto instagram/@_31thangs8

Selanjutnya setelah kamu memahami secara detail mengenai jadwal dan lokasi keberangkatan serta pemberhentian terakhir, kamu sebaiknya memastikan bahwa tempat duduk yang kamu pilih akan terasa nyaman selama perjalanan nanti.

Nah, kamu baiknya juga memilih tempat duduk yang berada di area depan atau tengah. Sebab, jika kamu memilih tempat duduk yang berada di belakang, guncangan bus akan terasa lebih keras dan malah akan membuat mual dan muntah.

Selanjutnya, kamu bisa memilih tempat duduk yang berada di dekat jendela. Selain lebih terasa leluasa untuk bergerak, ketika bosan kamu juga bisa menikmati pemandangan luar tanpa dihalang-halangi penumpang lain.

Namun memang susah kalau mau ke toilet. Karena harus melewati penumpang lain yang ada di sebelahmu.

Bawa Bantal Leher Agar Nyaman Tidur Selama Perjalanan

8 Tips Travelling Menggunakan Bus Agar Lebih Nyaman Dan Aman
foto instagram/@boneka.impor

Untuk menunjang kenyamananmu selama perjalanan, kamu bisa membawa bantal leher atau mungkin membawa penutup mata. Ini akan membuatmu lebih nyaman ketika kamu tidur.

Penutup mata agar kamu tak terganggu cahaya, bantal leher agak lehermu tetap nyaman dan tidak pegal-pegal ketika tidur.

Baca juga: Tips Solo Travelling Agar Lebih Menyenangkan

Jangan Sepelekan, Pakailah Baju Yang Nyaman

8 Tips Travelling Menggunakan Bus Agar Lebih Nyaman Dan Aman
foto instagram/@barbiebosch

Sebelumnya pernah disinggung, bahwa perjalanan dengan mengenakan pakaian yang nyaman menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para traveller.

Pastikan pakaian yang dikenakan nyaman untuk tidur dan bergerak bebas. Tips travelling menggunakan bus ini sering disepelekan, padahal sangat pengting!

Tak perlu dulu memakai pakaian yang rapi. Yang penting pakaianmu bersih, sopan dan nyaman di tubuhmu. Setiba di pemberhentian terakhir kamu bisa menggantinya dengan pakaian yang lebih rapi.

Pastikan Koper dan Tas Besarmu Diletakkan di Bagasi

8 Tips Travelling Menggunakan Bus Agar Lebih Nyaman Dan Aman
foto instagram/@maciekgrabson

Seringnya, saking orang takut kehilangan barang-barangnya, koper dan tas besar diletakkan di bawah kursi dekat kakinya. Padahal ruang bus itu sempit banget.

Nah, sebaiknya kamu bisa meletakkan koper atau tas besarmu di bagasi khusus saja. Biasanya bus-bus antar provinsi menyediakan bagasi khusus untuk tas-tas besar para penumpang.

Nah, di dalam koper kamu bisa meletakkan barang-barang seperti baju atau sepatu. Barang-barang pentingmu sebaiknya kamu letakkan di tas ransel kecil dan taruh di depanmu saja.

Tas ransel kecilmu juga bisa kamu gunakan untuk bantal tidur. Jadi barang-barang berhargamu di ransel kecil akan tetap terjaga di genggamanmu dengan baik.

Usahakan Untuk Tak Banyak Makan Terlalu Banyak

8 Tips Travelling Menggunakan Bus Agar Lebih Nyaman Dan Aman
foto instagram/@gianco.reale

Ini juga hal penting yang sering diabaikan oleh para traveller. Mereka suka banyak makan dan minum yang berlebihan. Alih-alih menjaga agar tubuh tak lemas, di jalan malah harus buang air besar atau sering buang air kecil. Siapa sih, yang nyaman BAB atau BAK di bus? Pasti tidak nyaman, kan?

Sebelum perjalanan, makanlah. Tapi secukupnya saja. Untuk agar stamina tetap terjaga dan tak lemas. Namun juga tetap nyaman saat perjalanan.

Jangan Lupa Membawa Buku Sebagai Teman Perjalanan

8 Tips Travelling Menggunakan Bus Agar Lebih Nyaman Dan Aman
foto instagram/@fashionboy31

Kamu seorang book-worm? Jangan sampai lupa membawa buku, ya! Sebab, buku akan menjadi tempat perjalanan yang menyenangkan ketika kamu sudah mulai diserang dengan kebosanan. Buku seperti teman ngobrol yang barang pasti akan menambah pengetahuanmu.

Beberapa book-worm nyaman dengan membaca e-book di gadgetnya karena lebih praktis di perjalanan. Beberapa yang lain lebih nyaman membaca buku dalam bentuk fisik. Sama saja.

Yang pasti, membaca memang menjadi senjata untuk membunuh waktu saat perjalanan travelling yang panjang. Sekaligus, jika kamu kesusahan untuk tidur, membaca bisa menjadi pengantar tidur.

Lihat juga: Tips Travelling Aman Untuk Pemula

Persiapkan Tontotan, Podcast dan Musik Favorit

8 Tips Travelling Menggunakan Bus Agar Lebih Nyaman Dan Aman
foto instagram/@chumedi2102

Kalau kamu sudah capek membaca, mungkin kamu bisa menyiapkan tontotan dan musik favorit kamu. Kamu bisa memanfaatkan gadgetmu untuk memutar musik di spotify. Sekarang juga sudah banyak podcast-podcast bermanfaat yang diposting di Soudcloud. Nah, kamu bisa mendengarkannya selama perjalanan. Tentu banyak sekali ilmunya.

Demikian beberapa tips travelling menggunakan bus agar lebih nyaman dan aman. Yang penting, stay safe ya. Have a nice trip!

BERI KOMENTAR