Tips Usaha Fried Chicken Agar Sukses Dan Bisa Bertahan Lama

Tips usaha fried chicken yang dijelaskan pada artikel ini bisa dijadikan bahan referensi sebelum kamu memulai usaha fried chicken.

Tips Usaha Fried Chicken Agar Sukses Dan Bisa Bertahan Lama
ilustrasi freepik/freepik

CEROBOH – Maraknya dengungan mengenai usaha bisnis sendiri, kini banyak orang berbondong-bondong untuk memilih profesi sebagai seorang pengusaha. Bahkan ada beberapa orang yang sudah bekerja di sebuah kantor untuk resign dan berpindah haluan membuka bisnis sendiri.

Dan salah satu bisnis yang berpeluang tinggi untuk dijalankan adalah bisnis kuliner fried chicken. Semakin banyaknya bisnis kuliner yang menyebar di mana-mana, kini persaingan bisnis kuliner pun semakin terasa ketat. Maka dariitu diperlukan strategi marketing yang matang dan maksimal untuk menjalankannya.

Jika memang bertekad bulat membuka bisnis friend chicken, tentunya harus mempersiapkan banyak hal seperti misal persiapan modal, lokasi, strategi promosi dan masih banyak lagi yang perlu disiapkan.

Lalu apa saja sih, tips sukses usaha fried chicken yang mungkin bisa diterapkan agar ketika bisnis ini dijalankan tidak mengalami kerugian di tengah jalan?

Nah, tak perlu khawatir karena di bawah ini akan saya coba jelaskan mengenai beberapa tips usaha fried chicken yang mungkin bisa kamu terapkan kalau kamu ingin membuka bisnis kuliner satu ini:

Buat Konsep Usaha Dengan Matang

Pertama, untuk memulai bisnis fried chicken tentunya kamu harus membuat konsep usaha dengan sematang mungkin. Misalnya, jika kamu ingin membuka usaha ini dalam bentuk gerobak, hal yang harus kamu lakukan adalah dengan menjaga kebersihan agar konsumen tidak ragu untuk membeli di tempatmu.

Selain bersih, buat gerobakmu lebih menarik. Seperti misal menghiasi gerobak dengan lampu-lampu. Jangan pikir lampu hanya digunakan untuk penerangan agar menarik loh, ya. Lampu juga bisa menjaga kehangatan ayam agar tetap hangat dan tidak adem.

Bikin Menu Pahe (Paket Hemat)

Tips selanjutnya agar bisnis fried chicken laris dan sukses adalah dengan membuat menu paket hemat atau orang biasa menyebutnya PaHe. Sebab, strategi paket hemat akan membuat para konsumen tertarik untuk membelinya. Lagian, siapa sih, yang nggak tergiur dengan harga-harga paket hemat seperti itu?

Misalnya saja, kamu bisa membuat menu paket hemat nasi, fried chicken dan es teh dengan harga 11 ribu. Tentu saja orang akan berbondong-bondong memilih beli saja di tempatmu daripada di restoran fastfood yang bahkan dekat dengan tempat jualanmu.

Tak hanya es teh, kamu bisa membuat paket hemat lainnya dengan memadukan minuman jenis lain. Seperti minuman soft drink atau es jeluk. Dijamin deh, usaha fried chickenmu akan laris manis!

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan Usaha Warung

Pastikan Modal Usahamu Cukup

Namanya juga usaha, tentu pembahasannya tak akan jauh dengan yang namanya modal. Nah, kadang-kadang modal ini disepelekan oleh beberapa pebisnis. Padahal modal juga menjadi faktor penentu agar sebuah usaha menjadi sukses di masa depan.

Jika kamu telah yakin berbisnis fried chicken, modal yang harus siapkan tentunya banyak. Mulai dari peralatan, bahan-bahan yang akan diolah, biaya operasional dan mungkin tempat lokasinya. Apakah nantinya akan menyewa, atau menggunakan tempat sendiri?

Maka, tips usaha fried chicken berikutnya adalah disarankan untuk mempersiapkan modal jauh-jauh hari, ya. Agar ketika bisnis sudah berjalan, kamu tak kethetheran untuk menutup biaya yang kurang.

Sediakan Layanan Antar dan Pembayaran Non Tunai

Karena zaman semakin berkembang dan semua serba digital—termasuk transaksi jual beli, ada baiknya kamu mendaftarkan dagangan fried chickenmu di Grabfood atau di Gofood. 

Selain praktis dan mempermudah konsumen, di aplikasi jasa antar makanan online semacam itu menyediakan banyak cashback dan diskon. Siapa sih, yang nggak suka diskon? Semua suka dong, pastinya. Sediakan pembayaran non tunai juga. Supaya tidak sulit buat para pelanggan dalam transaksi pembayaran.

Dijamin deh, dengan kamu menyediakan pesan antar menggunakan aplikasi, pelangganmu akan bertambah dan bisnismu akan semakin laris!

Lihat juga: Perusahaan Startup Terbaik di Indonesia

Pelajari Teknik Menggoreng Chicken Dengan Baik

Tips selanjutnya adalah sebaiknya kamu mempelajari teknik menggoreng chicken dengan baik. Ini adalah hal penting, karena kualitas dalam bisnis adalah utama. Jadi, agar kualitas dan citarasa chickenmu lezat, tentunya kamu harus benar-benar memahami cara menggoreng chicken yang benar yang seperti apa.

Dengan begitu, konsumen akan tertarik dan ketagihan. Dan tentunya ke depan akan berlangganan karena tahu bahwa citarasa chickennya enak dan lezat.

Demikian beberapa tips usaha fried chicken agar sukses dan laris di pasaran. Sebenarnya bisnis itu gampang-gampang susah. Kita hanya butuh kekonsistenan saja. Selamat berbisnis, ya!

BERI KOMENTAR