10 Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya

Ingin memulai usaha laundry? Supaya tidak bangkrut, yuk pelajari tips usaha laundry kiloan yang saya jelaskan berikut ini. Diaplikasikan, ya!

10 Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya
ilustrasi dari freepik.com

CEROBOH – Kini usaha membuka jasa laundry menjadi usaha yang menjanjikan bagi para pebisnis. Kalau kita teliti, usaha laundry juga tak butuh modal yang besar untuk memulainya.

Apalagi jika lingkungan di sekitarmu tak banyak yang membuka usaha satu ini. Kita tahu, kadang-kadang saking sibuknya dan tak banyak waktu luang mereka memilih untuk mencucikan bajunya saja di jasa laundry kiloan.

Selain praktis, biayanya pun tak begitu mahal. Kita tinggal mengantarkan pakaian kotor kita saja ke tempat laundry tersebut dan tunggu 1-3 hari pakaian kita akan bersih dan wangi.

Jika ingin membuka usaha ini, apa saja sih tips usaha laundry kiloan agar mendapatkan banyak pelanggan?

Inilah, 10 tips sukses membuka usaha laundry kiloan agar tidak nengalami kegagalan:

1. Belajar Ilmu Tentang Laundry

Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya

Tips yang pertama, sebelum kamu memutuskan untuk membuka jasa laundry ada baiknya kamu pelajari dulu ilmu seputar dunia laundry tersebut.

Kamu bisa mempelajarinya dengan melakukan riset-riset kecil di tempat-tempat jasa laundry di manapun itu. Terutama di lingkungan sekitarmu.

Selanjutnya kamu bisa mempelajari ilmu laundry dengan mengikuti seminar bisnis di bidang laundy. Dunia marketing kini semakin marak dan berkembang. Pasti seminar bisnis juga semakin banyak jika kita mengetahuinya.

2. Pilih Lokasi yang Strategis dan Nyaman

Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya

Setelah mempelajari ilmu laundry dan dirasa sudah mendapat bekal yang cukup, selanjutnya pertimbangkan lokasi yang ingin kamu buat jasa laundrymu.

Ini dikarenakan, jika kita salah memilih lokasi tentu bisnis kita akan sepi. Misalnya di dekat-dekat rumah penduduk yang setiap harinya masih bisa nyuci. Ya jarang pasti ada yang mau melaundry pakaiannya.

Sebaiknya pilih lokasi yang memiliki potensi tinggi. Misalnya saja lokasi-lokasi di dekat kos-kosan mahasiswa dan karyawan. Atau perumahan dengan kriteria tertentu. Mereka pasti memilih melaudrykan bajunya karena sudah sibuk dan kelelahan.

3. Gunakan Peralatan yang Mumpuni

Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya

Tips usaha laundry kiloan berikutnya yaitu harus memiliki perlengkapan yang mumpuni. Agar bisnis laundrymu sukses ke depannya, tentu kamu harus memiliki peralatan yang mumpuni dan mendukung segala pekerjaan laundry-anmu.

Tak dipungkiri, peralatan yang berkualitas akan sangat membantu pekerjaan laundry-mu dengan lancar tanpa banyak kendala. Apalagi jika laundry dengan skala besar. Kamu semestinya memiliki mesin berkualitas yang juga untuk melaundry dengan skala besar.

Selain memiliki mesin yang berkualitas dan mumpuni, kamu juga harus memiliki mesin pengering yang mumpuni juga, misalnya. Apalagi di musim hujan. Mesin pengering sangat membantu sekali.

4. Berikan Harga yang Bersahabat

Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya

Ada beberapa jasa laundry yang harganya selangit. Sehingga orang-orang kalangan menengah ke bawah tak bisa menjangkau harga tersebut.

Ada baiknya kamu memberikan harga yang masih mungkin bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah tersebut dengan harga yang bersahabat. Harga yang tak terlalu mahal, juga tak terlalu murah.

Jadi, kamu bisa merangkul semua kalangan. Dan ini akan membuat bisnismu semakin sukses dan maju.

5. Menjamin Keamanan Pakaian Pelanggan

Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya

Kamu bisa menjamin keamanan pakaian pelanggan dengan memberikan garansi pada kerusakan.

Ini bisa diterapkan ketika pakaian pelangganmu mengalami kerusakan atau kehilangan. Atau mungkin tertukar dengan pelanggan lain. Nah, makanya untuk antisipasi agar tak sering terjadi, kamu sebaiknya berhati-hati, ya!

6. Memberikan Pelayanan Waktu yang Cepat

Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya

Nah, ini adalah layanan laundry yang paling diminati oleh konsumen laundry. Dicuci hari ini, besok sudah bisa diambil. Tentu saja ini sangat berpotensi dan banyak diminati, kan?

Untuk itu, kamu bisa menggunakan strategi bisnis laundry menyediakan pelayanan yang cepat. Kemungkinan besar akan laris dan banyak yang tertarik.

7. Menyediakan Banyak Varian Parfume

Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya

Ada beberapa jasa laundry yang kini tak hanya menyediakan satu jenis parfum saja. Akan tetapi banyak varian parfum. Ini merupakan tips usaha laundry kiloan untuk menarik pelanggan.

Ketika ada pelanggan yang ingin laundry, kamu bisa menanyakan mana aroma parfum yang dia inginkan.

Ini bisa menjadi peluang besar di jasa laundrymu. Karena pelayanan ini masih jarang diterapkan oleh beberapa jasa laundry.

Dengan menyediakan banyak varian parfum, jasa laundrymu akan menjadi jasa laundry yang premium dan menarik banyak pelanggan.

8. Bekerjasama dengan Mahasiswa Kos

Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya

Cara selanjutnya kamu bisa mengajak kerjasama dengan para mahasiswa yang pernah mencuci di laundry milikmu sebelumnya.

Misalnya saja, dengan dia bisa mengajak 5 pelanggan laundry di tempatmu, kamu akan memberikan mahasiswa tersebut gratis laundry 3 kilo.

Ini juga cara yang efektif agar laundrymu semakin laris dan sukses.

9. Pekerjakan Karyawan yang Kompeten

Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya

Mempekerjakan karyawan yang kompeten juga sangat penting untuk bisnis laundrymu. Pilih karyawan yang memiliki etos kerja tinggi dan ramah terharap para pelanggan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca panduan tentang cara menciptakan tim yang baik di perusahaan.

10. Jangan Ceroboh Membuka Bisnis Laundry

Tips Usaha Laundry Kiloan Dan Cara Mengelolanya

Tips usaha laundry kiloan yang terakhir—tentu saja dalam usaha jangan ceroboh. Sebab, sekali ceroboh dalam usaha dampaknya akan besar nantinya.

Misalnya saja kamu mencampur celana jeans dengan kemeja putih supaya lebih cepat. Kelihatannya sih, cepat. Alih-alih cepat, justru malah membuat pakaian pelanggan rusak.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktikkan ketika kamu ingin membuka jasa laundry kiloan yang sukses dan laris. Semoga tips-tips di atas membantu, ya!

Baca juga: Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan

BERI KOMENTAR