8 Tren Media Sosial Marketing Dan Contohnya

Saya akan menjelaskan beberapa tren media sosial marketing di tahun 2020, tren marketing ini bisa kamu jadikan bahan reverensi.

Tren Media Sosial Marketing Dan Contohnya

CEROBOH – Melakukan promosi secara online merupakan salah satu kegiatan yang sudah umum saat ini. Dan, ketika suatu bisnis tidak di promosikan secara online, tentu akan ketinggalan zaman.

Banyak cara mempromosikan barang atau jasa secara online. Salah satunya yaitu dengan menggunakan akun media sosial. Nah, kegiatan ini sering dikenal dengan sebutan Media Sosial Marketing.

Jika kamu sedang belajar media sosial marketing, maka mempelajari beberapa tren marketing yang sedang kekinian bisa menambah referensi.

Dengan mengetahui trend yang sedang hits, maka kamu bisa meniru dan memodifikasi tren ini. Sebagai bahan acuan ketika kamu melakukan promosi di media sosial.

Apa saja sih tren marketing di media sosial yang sering digunakan marketer?

Berikut ini akan saya jelaskan tentang 8 tren media sosial marketing di tahun 2020, beserta contohnya:

1. Membuat  Film Pendek

Tren Media Sosial Marketing Dan Contohnya

Tren marketing di media sosial yang sedang hits di tahun 2020 adalah dengan membuat fim pendek. Film pendek ini biasanya berupa serial bersambung, yang diupload seminggu sekali.

Nah, dalam video tersebut, biasanya disisipkan iklan atau sugesti agar penonton menggunakan produk yang sedang dipasarkan.

Teknik promosi ini, cukup efektif. Karena saat ini banyak yang lebih suka memonton film serial. Apalagi jika serial tersebut seru dan bisa berkesan di hati penonton.

Dengan memonton film tersebut secara tidak langsung penonton sudah disugesti untuk menggunakan produk yang ada di film tersebut.

Nah, teknik marketing ini biasanya video diupload si akun Youtube, kemudian dibagikan menggunakan akun media sosial.

2. Konten Mikroblog

Tren Media Sosial Marketing Dan Contohnya

Konten mikroblog juga menjadi tren dalam dunia marketing di tahun 2020 ini. Konten mikroblog merupakan konten yang berupa teks kemudian teks tersebut dimasukan kedalam sebuah gambar atau desain.

Konten yang disajikan tidak lebih dari 200 kata, dan bisanya memuat tips-tips bermanfaat. Dimana konten mikroblog biasanya dibuat berkaitan, antara desain gambar satu dengan desain gambar lainnya.

Konten mikroblog sangat disukai oleh para audience atau pengguna media sosial. Sebab, konten yang disajikan cenderung ringan. Sehingga tidak jenuh dibaca. Selain itu, menjadi lebih menarik, karena disajikan dengan bantuan ilustrasi gambar.

Baca juga: Cara Membuat Konten Viral Di Media Sosial

3. Menggunakan Jasa Artis Media Sosial

Tren Media Sosial Marketing Dan Contohnya

Tren media sosial marketing tahun 2020 berikutnya yang masih hits sampai saat ini adalah menggunakan jasa artis yang followersnya banyak.

Marketing ini biasa dibilang jasa endorsement. Tren marketing emdorsment masih saja diminati banyak marketer. Sebab, memberikan endors kepada para artis yang followersnya banyak, bisa menjadi cara paling mudah mengenalkan produk ke publik.

Namun, untuk mendapatkan tarket yang potensial, maka kamu harus menggunakan artis media sosial yang satu niche dengan produk yang kamu jual.

Misalnya saja produk milikmu adalah makeup, maka kamu bisa endors ke artis yang sering melakukan review produk makeup. Atau Beauty Vloggers.

4. Menggunakan Teknik Copywriting

Tren Media Sosial Marketing Dan Contohnya

Di tahun 2020 ini, banyak yang memanfaatkan teknik copywriting untuk menggaet para pelanggan.

Memang, teknik copywriting yang baik, bisa mensugesti para audience untuk membeli produk yang  ditawarkan. Sehingga mereka bisa menjadi pelanggan.

Tren ini juga dapat di lihat dari banyaknya jasa copywriting. Dan banyaknya marketer yang menggunakan jasa copywriting.

Tentu, ini bisa menjadi solusi bagi marketer yang tidak bisa membuat tulisan dengan baik.

5. Membuat Video Slide

Tren Media Sosial Marketing Dan Contohnya

Jika kamu jeli, dan sering memperhatikan iklan yang berserakan di Facebook dan Instagram. Nah, banyak pengiklan yang menggunakan konten video slide.

Ini juga sering digunakan praktisi marketer untuk beriklan. Sehingga masih menjadi tren di tahun 2020 belakangan ini.

Video slide memang cukup sederhana, dan cara membuatnya terbilang sangatlah mudah. Namun, dapat menampilkan informasi yang menarik pada iklan yang dibuat.

Sehingga media video slide ini masih menjadi peluang besar sebagai media promosi di media sosial.

Terlebih, saat ini banyak desainer yang menjual bundle template video slide yang  menarik. Ini sangat membantu para marketer untuk menghasilkan iklan video slide tanpa harus repot.

Lihat juga: Cara Menambah Followers di Media Sosial

6. Membuat Video Animasi

Tren Media Sosial Marketing Dan Contohnya

Video animasi, tidak jauh beda dengan video slide. Namun, hasilnya jauh lebih profesional dan menarik. Dan ini juga merupakan tren media sosial marketing yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Video aimasi menjadi media promosi yang cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan baru. Selain dapat dikemas dengan menarik. Video animasi juga menciptakan kesan professional. Sehingga dapat dengan mudah memikat audience yang melihat materi promosi tersebut.

Namun, untuk membuat video animasi, kamu harus mengeluarkan budget yang lebih. Untuk membayar seorang animator.

7. Menggunakan Flat Dsigen

Tren Media Sosial Marketing Dan Contohnya

Media sosial marketing saat ini banyak yang menggunakan materi desain dengan genre “flat dsigen”. Nah, flat dsigen ini biasanya  digunakan pada konten bergambar dan video animasi.

Flat Desain merupakan aliran desain yang simple, namun terlihat friendly dan professional. Sehingga desain-desain promosi banyak yang menggunakan flat dsigen.

Ini juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang akan membuat desain promosi. Baik gambar ataupun video.

8. Template dan Filter Gambar Selaras

Tren Media Sosial Marketing Dan Contohnya

Tren lainnya, praktisi media sosial marketing sering menggunakan template atau tema yang selaras.

Selain template—jika menggunakan foto, maka foto yang digunakan menggunakan warna selaras. Sehingga tampilan galeri media sosial terlihat lebih rapih.

Tren ini juga masih banyak yang menggunakan, sebab konten yang selaras jauh terlihat professional dan rapih. Sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para audience.

Pelajari juga: Komponen Bisnis Online Dan Cara Memaksimalkannya

Demikianlah 8 tren media sosial marketing yang bisa kamu tiru, saya sudah tampilkan juga contoh-contohnya. Kira-kira sekarang kamu akan mengikuti tren yang mana nih?

BERI KOMENTAR