7 Jenis Usaha Anak Muda Yang Kreatif Di Tahun 2020

Pada tulisan ini saya jelaskan usaha anak muda kreatif yang pesainggnya sedikit dan bisa menghasilkan keuntungan besar. Kamu bisa coba salah satunya.

Jenis Usaha Anak Muda Yang Kreatif Di Tahun 2020
ilustrasi freepik/@stories

CEROBOH – Anak muda zaman sekarang banyak yang kreatif, tentu dengan aneka keterampilan yang berbeda-beda.

Sebagian, memanfaatkan kekreatifan tersebut untuk mencari cuan. Sehingga dari sebuah kreatifitas atau hobi jadilah sebuah penghasilan.

Namun, banyak juga yang belum menyadari keterampilan mereka. Sehingga bingung, mau memulai dari mana? Mungkin, ini salah satunya adalah kamu yang sedang membaca tulisan ini.

Jika memang demikian, alangkah baiknya kamu membaca dulu artikel berikut: Cara Menemukan Potensi Diri.

Nah setelah itu, mungkin kamu akan bertanya:

Bidang usaha apa saja yang bisa ditekuni oleh anak muda zaman sekarang?

Berikut ini saya jelaskan 7 jenis usaha anak muda kreatif yang bisa kamu pilih salah satunya:

1. Bisnis Laundry Sepatu

Jenis Usaha Anak Muda Yang Kreatif Di Tahun 2020
foto instagram/@repaintshoesbali

Tau nggak sih? Saat ini pengguna sepatu mahal atau branded semakin banyak. Terutama di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, dan kota-kota lainnya.

Nah, sepatu branded ini tidak seperti sepatu biasa yang sering digunakan anak sekolahan. Atau merek-merek lokal. Ada perawatan khusus, salah satunya ketika mencuci sepatu tersebut.

Melihat fenomena ini, maka bisnis laundry sepatu bisa menjadi peluang besar dan menjanjikan. Sebab, belum banyak pesaing di bidang ini. Masih sedikit yang membuka bisnis laundry sepatu.

Jika kamu tinggal di kota-kota besar, jangan lewatkan kesempatan ini.

2. Membuat Kerajinan Rajut

Jenis Usaha Anak Muda Yang Kreatif Di Tahun 2020
foto instagram/@baby_dreamline

Dulu, rajutan selalu identik dengan pakaian atau baju. Namun, saat ini kerajinan rajut semakin banyak ragamnya. Mulai dari rajutan boneka, rajutan aksesoris, tas, dompet, hingga rajutan kaos kaki dan sarung tangan.

Di tahun 2020 ini, kerajinan rajut menjadi trend tersendiri. Dan bisa menjadi peluang bisnis yang kreatif.

Permintaan terlihat dari banyaknya peminat tas dan dompet hasil rajutan. Dan ini sudah menjamur di kalangan perempuan.

Banyaknya permintaan rajut, bisa menjadi peluang besar untuk memulai usaha kretif. Nah, jika kamu memiliki keterampilan dalam merajut, maka jangan sungkan untuk memulai membuat sesuatu yang unik dan memiliki nilai jual.

Kemudian, pamerkan di sosial media. Lalu tawarkan kepada teman-teman. Jika karyamu unik dan menarik, pasti banyak peminatnya.

Baca juga: Tempat Berjualan Online Barang Bekas

3. Membuat Doodle Art Untuk Gift

Jenis Usaha Anak Muda Yang Kreatif Di Tahun 2020
foto instagram/@kingdoodle

Tau doodle art? Pasti sudah pada tau, ya. Kurang lebih aliran menggambar dengan hasil seperti contoh pada gambar di atas.

Doodle art merupakan salah satu seni menggambar yang unik. Dan tidak banyak orang yang memiliki keterampilan dalam membuat doodle art.

Doodle art sering dijadikan sebagai gift atau hadiah di berbagai moment. Seperti hadiah wisuda, hadiah ulang tahun, bahkan ada juga yang menjadikannya kado pernikahan.

Nah, permintaan pembuatan doodle art taun ini semakin banyak. Sebab, banyak anak muda yang ingin menghadiahkan sesuatu yang unik dan menarik. Maka banyak yang menjatuhkan pilihannya pada doodle art.

Jika kamu memiliki keterampilan menggambar, maka membuka jasa pembuatan doodle art bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan untuk anak muda.

4. Menerima Jasa Mural Café

Jenis Usaha Anak Muda Yang Kreatif Di Tahun 2020
foto instagram/@gali_haya

Tau mural? Itu loh seni menggambar di dinding tembok.

Saat ini berjamuran yang membuka café. Nah, biasanya café di desain semenarik mungkin agar instagramable dan dapat menarik banyak pelanggan.

Salah satunya adalah mendekorasi café dengan gambar-gambar yang menarik di dinding.

Nah, jika kamu memiliki keterampilan mural, maka ini akan menjadi peluang usaha anak muda kreatif. Kamu bisa menawarkan jasa mural.

Jasa mural ini bayarannya lumayan besar, lho. Jangan ragu untuk menawarkan kretifitasmu.

5. Menjual Kerajinan Dari Kayu Bekas

Jenis Usaha Anak Muda Yang Kreatif Di Tahun 2020
foto instagram/@forestedway

Selain mural, hiasan-hiasan dinding dari kayu yang bernuansa cozy juga banyak diminati. Mulai dari café-café hingga perkantoran, memerlukan properti  penghias dinding. Dan banyaknya yang berbahan dari kayu.

Dekorasi bernuansa cozy memang sedang hits di tahun 2020 ini. Sehingga membuat kerajinan dinding yang menarik dan unik bisa menjadi peluang besar untuk memulai usaha.

Usaha ini memang memerlukan keterampilan khusus di bidang pengolahan kayu. Namun, kabar baiknya kamu bisa memangkas modal. Karena kayu yang digunakan bisa dari bahan-bahan kayu bekas.

6. Menjadi Freelance di Microstock

Jenis Usaha Anak Muda Yang Kreatif Di Tahun 2020
foto instagram/@brittnibow

Jenis usaha anak muda yang kreatif berikutnya adalah menjadi freelance di situs-situs microstock.

Jika kamu belum mengetahui apa itu microstok. Singkatnya, microstock adalah situs yang menampung stock-stock file digital. Seperti stock foto, stock vector, stock desain, stock template, stock video, stock musik, dan stock digital lainnya.

Nah, kamu bisa membuat stock salah satunya. Misalnya membuat desain yang menarik. Kemudian desain tersebut di upload di situs microstock.

Setelah upload, tinggal tunggu orang yang membeli stock desain milikmu. Cukup mudah, bukan?

Oia salah satu contoh website microstock adalah ShutterStock. Kamu bisa memulai mendaftarkan diri menjadi kontributor melalui laman berikut: Daftar ShutterStock Sekarang.

7. Usaha Cake Ulang Tahun Kreatif

Jenis Usaha Anak Muda Yang Kreatif Di Tahun 2020
foto instagram/@tanyasenkova

Anak-anak muda zaman sekarang, kayaknya akan kurang lengkap ketika ulang tahun tidak dirayakan. Saat ini, banyak yang merayakan ulang tahun temannya dengan menghadirkan cake yang unik dan kreatif.

Misalnya dengan cake berbentuk sebuah karakter, atau cake sederhana yang unik. Dengan beragam hiasan.

Banyaknya permintaan cake ulang tahun. Tentu ini menjadi peluang bisnis kratif yang menjanjikan keuntungan bagi anak muda.

Terutama bagi kamu yang jago dalam membuat kue. Coba deh, buat kue yang unik, kemudian tawarkan kepada teman-teman. Pasti banyak peminatnya.

Itulah 7 usaha anak muda kreatif di tahun 2020 yang bisa menjadi inspirasi. Kira-kira, sekarang kamu mau memulai bisnis apa nih?

Baca juga: Ide Bisnis Yang Menguntungkan

BERI KOMENTAR