10 Usaha Kuliner Paling Laku dan Nggak Ada Matinya

Ada loh usaha kuliner paling laku dan nggak ada matinya. Beberapa bisnis kuliner pada bahasan berikut ini, bisa menjadi ide usaha bagi kamu.

Usaha Kuliner Paling Laku
ilustrasi freepik/@studiogstock

CEROBOH – Beberapa waktu belakangan, selain bisnis bidang fashion mulai ramai. Bisnis usaha di bidang kuliner kini juga semakin marak dan mulai menarik dibicarakan.

Apalagi banyaknya daerah dan suku di Indonesia, menjadikan negara republik ini memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan bervariasi. Bahkan, setiap daerahnya memiliki hingga puluhan makanan khas.

Tak hanya memiliki potensi tinggi, kini usaha kuliner juga tak begitu sulit untuk dijalani dan dikembangkan. Jika dipikir-pikir, hampir semua usaha kuliner memiliki potensi untuk laku. Sebab, makanan adalah kebutuhan bagi setiap orang.

Meskipun begitu, membuka usaha kuliner tetap harus memperhatikan strategi usaha yang maksimal. Mulai dari target pasar, penyajiannya hingga promosi yang akan dijalankan. Supaya bisnis ke depan berjalan lancar dan terus laku dalam jangka waktu panjang.

Lalu, apa saja kira-kira usaha kuliner paling laku itu apa sih dan bira ditiru?

Berikur ini akan dijelaskan beberapa jenis usaha kuliner yang sangat laris di pasaran:

1. Usaha Kuliner Martabak

Usaha Kuliner Paling Laku dan Nggak Ada Matinya

Jenis usaha kuliner pertama yang memiliki potensi tinggi laris di pasaran adalah kuliner berupa martabak. Baik martabak manis, ataupun martabak telur.

Makanan ini banyak difavoritkan di hampir semua kalangan masyarakat. Rasanya yang manis dan gurih akan membuat orang ingin terus mencicipinya.

Apalagi kini para pebisnis kuliner martabak membuat inovasi menciptakan berbagai rasa. Mulai dari coklat, keju, kacang bahkan hingga rasa greentea pun ada.

Yang membuat bisnis martabak selalu laris yaitu orang-orang selalu menjadikan martabak sebagai oleh-oleh ketika bertamu di calon mertua, misalnya. Jadi, kemungkinan besar bisnis ini tak akan mati.

2. Usaha Kuliner Seblak

Usaha Kuliner Paling Laku dan Nggak Ada Matinya
foto dari Instagram/@ikkeputria

Jika kamu orang Sunda, mungkin kamu tak asing lagi dengan makanan satu ini. Seperti warung tegal atau nasi padang, seblak seperti sudah terkenal seantero Indonesia.

Jika dulu seblak hanya berbahan kerupuk dan mungkin ditambah telur, kini seblak sudah memiliki banyak variasi. Misalnya seblak bakso, kwetiaw, makaroni, sosis dan sebagainya.

Bahkan kini ada seblak-seblak yang dijual instan dengan bumbu kemasan layaknya mie-mie instan yang dijual di pasaran. Semakin pesatnya pertumbuhan seblak, semakin berpotensi tinggi pula jika dijadikan pundi-pundi uang.

Baca juga: Ide Bisnis Di Acara Wisuda Yang Kreatif dan Profitable

3. Usaha Kuliner Soto

Usaha Kuliner Paling Laku dan Nggak Ada Matinya
foto dari Instagram/@lotek.bu_yanto

Usaha kuliner paling laku selanjutnya yang memiliki potensi tinggi laku di pasaran adalah soto. Tak asing lagi, kan, dengan makanan soto ini?

Soto merupakan makanan kuah yang di dalamnya terdapat irisan kol, bihun dan toge. Diberi topping daun seledri dan dicampur dengan irisan telur dan suwiran daging. Terakhir disiram kuah segar kekuningan.

Soto bisa dijual di malam hari ataupun di siang hari. Sebab, mau gimana pun, ada aja orang yang nyari kuliner soto. Baik buat makan malam atau makan siang.

4. Usaha Kuliner Bubur Ayam

Usaha Kuliner Paling Laku dan Nggak Ada Matinya
foto dari Instagram/@siola_dishes

Usaha kuliner bubur ayam juga sangat berpotensi karena pembuatannya yang praktis dan harganya terjangkau.

Oleh karena itu, semua kalangan masyarakat dari kalangan menengah ke bawah hingga kalangan atas pun bisa menjangkaunya. Jika diperhatikan, minat masyarakat untuk membeli bubur ayam di pagi hari juga sangat tinggi. Buktinya, pasti antri panjang.

Kuliner bubur ayam sebaiknya dijual di daerah yang banyak aktifitasnya. Seperti dekat sekolah, rumah sakit, pasar dan sebagainya.

5. Usaha Kuliner Nasi Goreng

Usaha Kuliner Paling Laku dan Nggak Ada Matinya
foto dari Instagram/@petersfoodspot

Coba deh, perhatikan. Jika kamu berkeliling di suatu kota pasti kamu akan menjumpai banyak warung yang menjual nasi goreng. Terutama di malam hari. Dan itu pasti laku. Usaha kuliner paling laku ini bisa kamu tiru, namun dengan beberapa modifikasi tentunya.

Variasi penyajian nasi goreng pun juga beragam. Mulai dari nasi goreng telur, nasi goreng babat, nasi goreng ayam dan masih banyak lagi.

Bahkan cara berjualannya pun bervariasi. Mulai dari penjual nasi gerobak keliling hingga disajikan di restoran kelas atas yang harga nasinya bisa mencapai selangit.

Jadi, jika kamu membuka usaha kuliner berupa nasi goreng ini, kemungkinan besar akan laris manis dan pasti laku saja di pasaran.

6. Usaha Kuliner Warteg

Usaha Kuliner Paling Laku dan Nggak Ada Matinya
foto dari Instagram/@warung23_tradisional

Usaha kuliner berupa warteg bukan lagi menjadi hal asing di sekitar kita. Bahkan seluruh pelosok Indonesia kita pasti akan bisa menemukan warteg.

Ini dikarenakan bisnis warteg seolah menjadi bisnis yang abadi. Cash flow warteg juga harian. Jadi akan memudahkan kamu untuk menghitung keuntungannya.

Jika modalmu minim, kamu bisa memanfaatkan rumahmu untuk lokasi usahanya. Terutama bila rumahmu memiliki tempat yang strategis.

Untuk menjalankan bisnis warteg butuh beberapa hal yang patut diperhatikan. Mulai dari pelayanan yang ramah, tempat yang bersih serta kualitas makanan yang terjaga.

7. Usaha Rumah Makan Padang

Usaha Kuliner Paling Laku dan Nggak Ada Matinya
foto dari Instagram/@korinofdasir

Selain warteg, rumah makan padang juga bisa menjadi bisnis yang memiliki potensi tinggi, loh.

Porsinya yang terkenal banyak, juga olahan masakannya yang tak asing di lidah penduduk Indonesia di berbagai suku, dijamin akan membuat bisnis usaha kuliner ini laris manis.

8. Usaha Kuliner Aneka Gorengan

Usaha Kuliner Paling populer
foto dari Instagram/@partobapangaribuan

Siapa sih, yang nggak suka sama gorengan? Bahkan hampir setiap orang suka makan gorengan. Jadi, jika kamu membuka usaha kuliner gorengan, dijamin akan laris manis.

Bisnis usaha kuliner berupa gorengan bak bisnis yang tak ada padamnya sehingga masuk ke dalam kategori usaha kuliner paling laku. Kita hanya perlu menyiapkan modal gerobak, peralatan masak dan biaya operasional. Omset per hari pun bisa mencapai 150-an ribu.

Jika dihitung modal dan penghasilan per bulannya, untungnya bisa mencapai hingga sekitar tiga jutaan. Lumayan banget, kan?

9. Usaha Kuliner Tahu Bulat

Usaha Kuliner Paling laris
foto dari Instagram/@babympasi.snack

Bisnis usaha kuliner yang juga masih memiliki potensi besar yaitu usaha kuliner tahu bulat. Coba aja di kota-kota besar. Pasti di jalan kamu akan menemukan penjual tahu bulat.

Kita akan melihat penjual tahu bulat biasanya dijual di mobil pick-up dan menggoreng tahunya secara dadakan. Omsetnya pun bisa sampai 150 ribu per hari, dengan keuntungan per bulannya mencapai 3 juta-an.

Baca juga: Bisnis Online Menjanjikan Dan Bisa Cuan Banyak

10. Usaha Kuliner Ayam geprek

Usaha Kuliner Paling banyak peminatnya
foto dari Instagram/@resepayammm

Ayam grepek kini menjadi bisnis usaha kuliner yang menjadi tren. Apalagi masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan pedas-pedas.

Ayam geprek biasanya disajikan dengan sambal bawang putih yang dicampur dengan cabai sesuai selera kepedasan pelanggan. Nah, kamu bisa membuka usaha satu ini karena potensi larisnya tinggi. Itulah beberapa jenis usaha bisnis kuliner yang laris di pasaran. Kamu sudah memutuskan belum, ingin berbisnis kuliner jenis apa?

BERI KOMENTAR