9 Kiat Sukses Usaha Kuliner Untuk Seorang Pemula

Agar sukses usaha kuliner perlu memahami dulu beberapa aspek penting. Terutama beberapa kiat sukses usaha kuliner berikut ini!

9 Kiat Sukses Usaha Kuliner Untuk Seorang Pemula

CEROBOH – Makanan masuk dalam tiga kebutuhan primer manusia: pangan, sandang dan papan. Akan tetapi, seiring zaman berkembang ternyata makanan tak hanya sekadar kebutuhan primer untuk sehari-hari.

Kebudayaan kuliner seperti telah menjadi hal yang tak asing lagi di kalangan masyarakat. Setiap memasuki suatu daerah, salah satu hal yang dicari ya kuliner.

Bahkan ada orang yang menyebut dirinya penjelajah kuliner. Hal ini didukung semakin banyaknya tempat-tempat kuliner daerah-daerah.

Untuk itu, para pebisnis kuliner mulai berlomba-lomba menyajikan hidangan terlezatnya demi menarik pelanggan. Salah satunya dengan membuat inovasi makanan tertentu yang sudah ada. Atau membuat resep-resep masakan baru.

Tentu saja hal ini membuat banyak orang tertarik untuk berbisnis di bidang kuliner. Namun, karena mereka pemula kadang mereka bingung harus memulai bisnis kulinernya dari titik mana dulu.

Nah, buat kamu pebisnis (dan calon pebisnis) kuliner yang ingin mengembangkan usaha kulinernya, berikut ini beberapa kiat sukses usaha kuliner yang bisa kamu pelajari dan bisa kamu praktikkan.

Inilah beberapa kiat-kiat sukses agar bisnis kulinermu semakin maju dan berkembang:

1. Tentukanlah Usaha Kuliner Yang Ingin Dijual

9 Kiat Sukses Usaha Kuliner Untuk Seorang Pemula
foto instagram/@wishmeluck.inc

Kiat pertama yang harus kamu lakukan setelah mantap berbisnis kuliner, kamu sebaiknya menentukan usaha kuliner apa yang ingin kamu buka.

Mungkin kuliner makanan khas daerah, makanan yang sedang hits atau mungkin makanan luar negeri.

Tak menentukan sejak awal bisnis kuliner apa yang ingin kamu geluti, maka kamu akan kethetheran dan malah bingung sendiri.

Alhasil malah gagal di tengah jalan. Apalagi semakin hari semakin banyaknya kuliner-kuliner yang hadir. Baik daerah ataupun luar negeri.

Selain itu, menentukan satu jenis kuliner yang akan dijual akan membuat kamu fokus pada satu kuliner itu.

Baca juga: Kue Lebaran Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

2. Lakukan Riset Pasar Sebelum Buka Usaha Kulinermu

9 Kiat Sukses Usaha Kuliner Untuk Seorang Pemula
foto instagram/@wen.xue.yi

Setelah kamu menentukan produk kuliner yang akan kamu jual nantinya, kiat sukses usaha kuliner selanjutnya adalah harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Jangan buru-buru membuka usaha kulinermu tersebut.

Pelajarilah semua mulai dari keuntungan dan kekurangan kuliner tersebut sembari memperhitungkan modal dengan penuh kecermatan.

Tahukah kamu, bahwa pengusaha-pengusaha sukses di luar sana tak sebulan dua bulan dalam melakukan riset pasarnya. Tak semata menghindari kerugian, namun agar bisnis kulinernya lebih mantap dan bisa berkompetisi dengan produk kuliner sejenis.

Untuk melakukan riset pasar kamu bisa dengan terjun langsung ke lapangan (masyarakat) dan bertanya-tanya mengenai kuliner yang mereka sukai.

Kamu juga bisa melakukan cara riset lain dengan membaca dokumentasi bisnis lain, video-video dan sebagainya.

3. Tentukanlah Target Pasarmu

9 Kiat Sukses Usaha Kuliner Untuk Seorang Pemula
foto instagram/@ueshin_barista

Setelah melakukan riset pasar, langkah berikutnya kamu akan bisa menentukan target pasar yang akan kamu tuju.

Misalnya saja jika kamu memutuskan untuk menjual cake, sebaiknya analisislah target pasarnya seperti contoh berikut:

UsiaGenderLokasiSatus
18-30 Tahun.Laki-laki;
Perempuan.
Kabupaten Sumedang.Pelajar;
Mahasiswa;
Karyawan Muda.

Jadi, jika target pasar sudah ditentukan, kamu akan lebih fokus dan lebih spesifik nantinya.

Selain itu, mengetahui target pasar dengan rincian spesifik akan lebih membantumu dalam memberi gambaran jelas perihal strategi yang digunakan dalam pemasaran.

4. Buatlah Konsep Usaha Kulinermu Semenarik Mungkin

9 Kiat Sukses Usaha Kuliner Untuk Seorang Pemula
foto instagram/@symmetrycoffeeroasters

Setelah menentukan target pasar, kiat sukses usaha kuliner selanjutnya kamu bisa memikirkan perihal konsep usaha kuliner yang menarik perhatian konsumen.

Sebab, jika sebuah bisnis kuliner lebih menarik dari yang kain, hal tersebut akan menjadi nilai plus untuk kulinermu.

Misalnya saja, kamu akan membuat dekorasi ruanganmu dengan hal yang tak lazim. Jika kamu berbisnis menjual ikan, kamu bisa desain ruanganmu seolah-olah berada di sungai, atau di pinggir pantai.

Kini konsumen tak hanya tertarik dengan makanan yang lezat. Namun juga makanan yang desain tempatnya unik dan menarik. Justru kadang tempat menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian konsumen.

5. Perhitungkan Dengan Matang Modal Yang Ada

9 Kiat Sukses Usaha Kuliner Untuk Seorang Pemula
foto instagram/@norskkaffe

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan yaitu memperhitungkan modal bisnis kulinermu dengan matang dan maksimal.

Pasalnya, banyak sekali pebisnis-pebisnis yang sering sambat perihal modal. Makanya, memperhitungkan modal adalah hal krusial.

Mungkin kamu bisa memulai menabung keuntungan-keuntungan dari bisnismu, yang kemudian kamu jadikan modal tambahan agar tak kerepotan modal ke depannya. Ini bisa menjadi sebuah kiat sukses usaha kuliner yang bisa kamu coba.

Baca juga: Usaha yang Bagus Setelah Resign

6. Buatlah Ciri Khas Dalam Kulinermu

9 Kiat Sukses Usaha Kuliner Untuk Seorang Pemula
foto instagram/@fikri_asyam01

Bisnis kuliner adalah bisnis yang tak akan pernah mati. Pula, potensinya sangat menjanjikan. Jadi, jika memang benar-benar tertarik dan berencana membuka bisnis kuliner, sebaiknya kamu juga harus membuat ciri khas bisnismu.

Misalnya saja, kamu bisa membuka kuliner bakso dengan ukuran bakso kecil-kecil atau bakso kerikil. Nah, kan unik. Jika bakso dengan ukuran besar sudah mainstream, bakso ukuran kecil-kecil tentu lebih unik, bukan?

7. Pastikan Jangkauan Konsumen Mudah, Baik Online Maupun Tempatnya

9 Kiat Sukses Usaha Kuliner Untuk Seorang Pemula
foto instagram/@cm_co_clothing

Kiat sukses usaha kuliner Selanjutnya kamu musti memastikan bahwa target konsumen yang kamu tuju, mudah untuk menjangkau kulinermu. Tak hanya lokasi saja yang seharusnya mudah dijangkau. Namun juga secara online-pun semestinya juga mudah dijangkau.

Maka dari itu, kamu bisa membuat website resmi bisnis kulinermu. Dan kamu bisa membuat akun-akun di banyak jenis sosial media seperti Instagram, Whatsapp atau mungkin Twitter.

Kalau kulinermu mudah dijangkau, tentunya peluang kesuksesan bisnismu juga akan tinggi.

8. Aktifkan Sosial Media Kulinermu

9 Kiat Sukses Usaha Kuliner Untuk Seorang Pemula
foto instagram/@_sunday_coffee

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, konsumen sebaiknya tak sekadar mudah menjangkau tempat lokasinya, namun juga mudah mendapatkannya melalui sosial media. Misalnya saja, Facebook, Twitter, Instagram atau Whatsapp.

Apalagi di era digital yang makin berkembang pesat, digital marketing sudah menjadi hal yang tak asing lagi bagi para pebisnis. Sebab, menarik konsumen di sosial media juga sangat mudah sekarang.

Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa mempelajari beberapa digital marketing di artikel-artikel berikut ini:

9. Layanilah Konsumen Seramah Mungkin

9 Kiat Sukses Usaha Kuliner Untuk Seorang Pemula
foto instagram/@____xmg

Selezat apapun sebuah produk kuliner, sekeren apapun desain tempat kuliner namun ternyata pelayanannya tak ramah, tentunya ini akan membuat pelanggan malas berkuliner di tempat tersebut.

Siap berbisnis artinya siap menerima keluhan dan bermacam protes dari pelanggan. Dan sebaiknya kamu belajar sabar dan tetap ramah dalam melayani orang-orang seperti mereka.

Oleh sebab itu, menangani konsumen pun juga harus dipelajari lebih dalam. Jangan sampai kamu menampakkan muka cemberut kepada pelanggan, kesal karena banyak protes dan malas-malasan melayani.

Demikian kiat sukses usaha kuliner yang bisa kamu terapkan dan praktikkan jika kamu benar-benar mantap terjun ke dunia kuliner. Semoga bermanfaat. Selamat berbisnis!

BERI KOMENTAR