7 Usaha Yang Menguntungkan di Desa, Sedikit Pesaing!

Tak sulit untuk memulai usaha yang menguntungkan di desa, kamu bisa menjadikan jenis usaha berikut ini sebagai referensi memulai usaha.

7 Usaha Yang Menguntungkan di Desa, Sedikit Pesaing!
ilustrasi dari freepik

CEROBOH – Beberapa orang desa seringnya memilih pergi untuk merantau ke luar kota untuk memulai usaha. Mereka berpikir, bahwa desa atau kampung tak memiliki potensi besar untuk mendirikan usaha.

Padahal jika ditelisik lebih dalam lagi, ada berbagai macam usaha di desa yang berpeluang tinggi untuk sukses dan menghasilkan keuntungan yang tentu saja tidak main-main.

Jenis Usaha Di Desa Yang Menguntungkan

Jika diperhatikan, ternyata banyak sekali para pengusaha dari desa yang usahanya menghasilkan cuan yang tak sedikit. Alhasil, mereka sampai bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang-orang sekitarnya.

Namun, sebenarnya apa aja usaha di desa yang memiliki potensi besar menghasilkan keuntungan banyak di masa depan?

Yuk simak beberapa usaha yang menguntungkan di desa yang mungkin bisa kamu coba:

1. Usaha Konter Pulsa di Desa

Usaha Yang Menguntungkan di Desa, Sedikit Pesaing!
dimaz_acil_satrio

Ternyata mendirikan usaha konter di desa kini memiliki potensi untung besar loh. Pasalnya, sekarang masyarakat perkampungan mulai mengenal kemajuan teknologi komunikasi berupa HP.

Dan yang mereka tahu, mengisi pulsa ya, di konter. Mereka masih jarang mengenal rekening bank, apalagi Linkaja dan aplikasi sejenis lain. Jadi, kemungkinan besar konter-konter pulsa di desa masih ramai diburu masyarakat.

Untuk mendirikan konter pulsa, tak perlu besar kok. Asal kamu punya modal awal sekitar 1 juta saja, misalnya. Untuk etalase, voucher pulsa dan deposit pulsa. Dengan begitu, kamu sudah bisa membuka konter pulsa. Dirikan saja di depan rumah. Pasti laris manis deh!

2. Usaha Berjualan Sayur

Usaha Yang Menguntungkan di Desa, Sedikit Pesaing!
blonjosayur

Usaha yang menguntungkan di desa selanjutnya adalah berjualan sayur. Mudah sekali loh, untuk berbisnis jualan sayur ini.

Kamu tinggal belanja aja ke pasar pagi-pagi. Kemudian kamu bisa menawarkan sayur belanjaanmu kepada para tetanggamu. Pasti ada kok, yang membeli. Mereka kan, kadang tak mau repot pergi ke pasar buat beli sayur.

Sebab, tak bisa dipungkiri, setiap orang pasti membutuhkan sayur untuk dimasak setiap hari. Jadi kemungkinan mereka akan belanja sayur setiap hari, bukan?

Untuk masalah modal, tentu saja modal jualan sayur tak sebanyak usaha lain. seperti konter pulsa, warung makan atau yang lainnya. Untungnya pun banyak.

Baca juga : Tips Sukses Memulai Bisnis Untuk Anak Muda

3. Usaha Tempat Pangkas Rambut

Usaha Yang Menguntungkan di Desa, Sedikit Pesaing!
mautbarbershop

Tempat pangkas rambut di desa ternyata juga memiliki potensi besar untuk dibuka loh! Apalagi kalau di sekitar kamu tidak ada tempat pangkas rambut. Dijamin deh, akan laris manis!

Kamu bisa memulai mendirikannya di rumahmu sendiri. Pastikan tempatnya bersih dan nyaman, ya. Agar para pelanggan tertarik untuk cukur rambut di tempatmu.

Untuk modal. membuka tempat pangkas rambut, kamu hanya butuh modal sekitar 5 jutaan. Untuk membeli mesin cukur hingga kebutuhkan cermin. Jika kamu sudah memiliki pelanggan tetap, kamu pasti akan mendapat penghasilan yang tidak sedikit.

4. Usaha Pom Bensin Mini

Usaha Yang Menguntungkan di Desa, Sedikit Pesaing!
digital_bensin

Usaha yang menguntungkan di desa berikutnya yaitu, usaha pom bensin mini. Apalagi jika di desa tidak ada pom bensin yang dekat, tentunya memilih untuk membelinya di tempat pom bensin mini.

Intinya kalau desa tempat tinggalmu semakin jauh dengan pom bensin besar, kemungkinan besar kamu akan semakin untung. Sebab sudah jelas, orang-orang akan memutuskan membeli di pom bensin mini.

Untuk masalah modal, kamu bisa mendirikan pom bensin mini dengan sistem franchise. Modal yang dikeluarkan bisa sekitar 9 jutaan untuk sepaket franchisenya.

5. Usaha Warung Makan

Usaha Yang Menguntungkan di Desa, Sedikit Pesaing!
wrasakita

Jangan salah, ya. Berbisnis warung makan di desa ternyata juga berpeluang tinggi untung banyak loh. Bagaimanapun, tak semua orang setiap hari memasak. Adakalanya mereka juga tak sempat untuk memasak.

Alhasil, mereka memutuskan untuk membeli lauk pauk atau sayur jadi dari warung saja. Jadi, kemungkinan besar bisnis warung makan akan laris setiap harinya.

6. Usaha Membuka Toko Sembako

Usaha Yang Menguntungkan di Desa, Sedikit Pesaing!
grosir_sembako78

Usaha yang menguntungkan di desa selanjutnya adalah usaha membuka toko sembako. Tak perlu besar langsung dulu untuk membuka tokonya. Mulailah dari yang kecil terlebih dahulu. Namun terlihat lengkap.

Apalagi jika di kampungmu tak terlalu banyak penjual sembako yang lengkap. Dijamin deh, tokomu yang akan laris manis.

Namun perlu diperhatikan, ya. Untuk membuka toko sembako seperti ini usahakan tempatmu terjaga dengan baik. Maksudnya perhatikan kenyamanan dan kebersihan.

Sebab kalau tempatnya kotor dan berantakan, orang akan malas dong belanja di sana.

7. Usaha Membuka Toko Bahan Kue

Usaha Yang Menguntungkan di Desa, Sedikit Pesaing!
phie_dessert_pastry

Nah, usaha toko bahan kue di kampung juga kemungkinan memiliki peluang untuk sukses di masa depan. Bagaimana tidak? Jika dikampung tersebut hanya ada satu toko bahan kue, bukankah larinya ke toko tersebut?

Tak perlu terlalu besar dulu untuk memulai toko bahan kue. Kecil dulu yang penting lengkap. Dijamin deh, akan laris manis!

Lihat juga : Usaha Minuman Kemasan

Merintis Membuka Usaha Di Desa

Demikian beberapa usaha yang menguntungkan di desa yang mungkin bisa kamu jadikan referensi bisnis kalau bingung. Sebenarnya untuk usaha asal konsisten saja. Jangan patah semangat. Namanya gagal kan, pasti ada. Jadikan pembelajaran lalu perbaiki. lagi.

Perlu diketahui merintis usaha di Desa merupakan suatu perjuangan yang membutuhkan kesabaran. Sehingga, diperlukan kesabaran ekstra agar benar-benar mencapai sebuah keberhasilan atau sebuah kesuksesan.

Selamat mencoba, apapun usahanya yang penting konsisten dilakukan. Dan diusahakan dengan maksimal!

BERI KOMENTAR