Waktu Terbaik Posting Konten di Berbagai Sosial Media

Kali ini saya membahas waktu-waktu terbaik posting konten di berbagai sosial media seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Pinterest dan Linkedin.

Ceroboh.com – Sosial Media merupakan wadah komunikasi online. Saat ini, sosial media sudah sedikit menggeser interaksi di dunia nyata.

Berbagai macam kegiatan sosial sudah bisa dilakukan hanya menggunakan sosial media. Mulai dari berkumpul pada suatu forum/grup. Mengungkapkan isi hati di beranda, sampai bisa melakukan transaksi jual beli.

Fenomena tersebut, menjadi peluang tersendiri untuk kegiatan promosi. Atau memasarkan sebuah produk. Sehingga sebagian melirik hal ini untuk dijadikan pasar yang potensial.

Namun, perlu diketahui! Bahwa promosi di sosial media tidak bisa sembarangan. Kamu harus mengetahui waktu paling potensial untuk memposting konten di sosial media.

Tujuannya sederhana, yaitu agar promosi yang kita lakukan bisa tepat sasaran. Selain itu, agar bisa menarik pelanggan sebanyak mungkin.

Kapan waktu terbaik posting konten di sosial media?

Berikut ini saya jelaskan waktu-waktu terbaik untuk posting konten di berbagai sosial media:

1. Waktu Terbaik Posting di WhatsApp

Waktu Terbaik Posting di WhatsApp

Hampir setiap pengguna smartphone menggunakan WhatsApp. Sehingga pengguna WhatsApp sangat potensial. Pengguna WhatsApp tidak berbatas usia. Kadang anak-anak kecil pun menggunakan WhatsApp.

Ketika bangun tidur dan sebelum tidur adalah waktu paling banyak orang-orang menggunakan WhatsApp. Terlebih waktu-waktu tersebut adalah waktu santai dimana orang-orang banyak membuka WhatsApp Stories. Sebelum berangkat kerja, berangkat kuliah, atau berangkat sekolah.

Sehingga kamu bisa memanfaatkan ini untuk posting konten. Untuk pagi hari bisa dimulai dari jam 05.00-07.00. Sedangkan untuk malam hari bisa dimulai jam 18.00-20.00.

Ketika akhir pekan biasanya pengguna aplikasi chatting semakin menurun. Sebab, banyak yang tidak ingin diganggu ketika quality time bersama keluarga.

Baca juga: Panduan WhatsApp Marketing

2. Waktu Terbaik Posting di Facebook

Waktu Terbaik Posting di Facebook

Facebook banyak digunakan ketika waktu-waktu senggang. Terutama ketika pulang kerja atau kuliah.

Sambil istirahat, mereka biasanya menyempatkan waktu membuka facebook. Dan membaca informasi terbaru yang ada di beranda Facebook.

Ketika akhir pekan, pengguna Facebook semakin membeludak. Puncaknya biasanya hari Sabtu dan Minggu. Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu terbaik ini untuk posting konten promosi.

Oia, facebook paling banyak digunakan menggunakan smartphone. Maka dari itu, usahakan konten yang kamu sebarkan enak di lihat di Smatrphone, ya.

Lihat juga: Panduan Facebook Marketing

3. Waktu Terbaik Posting di Instagram

Waktu Terbaik Posting di Instagram

Waktu terbaik posting di Instagram adalah ketika jam makan siang dan sebelum tidur malam. Maka dari itu manfaatkan waktu-waktu ramai ini untuk posting konten di Instagram. Baik di galeri Instagram, ataupun di Instagram Story.

Membuat konten video juga sangat direkomendasikan. Kamu bisa menggunakan fitur IG TV.

Akhir pekan, terutama hari Sabtu dan Minggu adalah waktu paling potensial untuk menarik konsumen. Sebab banyak yang menggunakan isntagram ketika akhir pekan.

Dan, hari Senin juga masih bisa menjadi alternatif posting konten. Sebab, banyak yang belum move on dari hari libur. Sehingga untuk mengobati kejenuhan, mereka membuka Instagram.

Baca juga: Panduan Instagram Marketing

4. Waktu Terbaik Posting di Youtube

Waktu Terbaik Posting di Youtube

Ketika hari Sabtu dan Minggu banyak yang menonton video Youtube. Bagi mereka yang liburan di rumah saja, maka hiburan terbaik adalah menonton konten menarik di Youtube.

Maka dari itu, waktu terbaik posting video di Youtube adalah sebelum hari Sabtu. Yaitu: Hari Rabu, Kamis dan Jumat. Sehingga pas weekand video sudah siap ditonton oleh pengguna Youtube.

Sedangkan jam terbaik upload video adalah ketika dini hari. Selain biasanya jaringan internet yang lebih cepat ketika dini hari. Youtube memiliki filter menayangkan video terbaru “hari ini”. Sehingga ketika kamu upload dini hari, video akan tayang di pilihan ini.

Hindari upload ketika jam malam, sekitar jam 20.00-24.00.

5. Waktu Terbaik Posting di Twitter

Waktu Terbaik Posting di Twitter

Sambil ngopi siang enaknya nyambi posting konten di Twitter.

Pengguna Twitter dominan di hari kerja. Yaitu: Hari senin sampai Jumat. Mereka membuka twitter ketika jam istirahat. Di sela-sela makan siang.

Untuk meningkatkan engagement di Twitter, usahakan membuat thread yang menarik. Usahakan mengulas materi yang berkaitan dengan produk yang kamu pasarkan.

Contoh: ketika kamu menjual jasa Fotografi—maka membahas seputar dunia Fotografi akan lebih menarik.

6. Waktu Terbaik Posting di Pinterest

Waktu Terbaik Posting di Pinterest

Pengguna Pinterest cenderung kurang aktif ketika hari kerja. Pengguna Pinterest melonjak ketika hari sabtu dan minggu. Dan jika dilihat dari gender, pengguna Pinterest lebih banyak dari kalangan wanita.

Jam aktif terbanyak pengguna Pinterest adalah ketika malam hari. Sekitar jam 20.00 sampai 23.00 malam. Maka dari itu, usahakan posting konten di Pinterest sebelum jam tersebut. Misal, saat sore hari atau pagi hari sudah posting.

Sehingga pas malam hari, konten milikmu sudah bisa ditemukan oleh pengguna Pinterest.

7. Waktu Terbaik Posting di Linkedin

Waktu Terbaik Posting di Linkedin

Pengguna Linkedin banyaknya adalah para perekrut tenaga kerja dan para pebisnis. Sehingga, waktu terbaik posting Linkedin adalh ketika hari-hari kerja. Tentu, juga saat jam kerja, juga.

Hindari posting konten ketiha hari Sabtu dan Minggu. Sebab hari-hari libur jarang ada yang membuka sosial media ini.

Itulah pembahasan tentang waktu-waktu terbaik posting konten di berbagai sosial media. Mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Pinterest dan Linkedin. Mulai saat ini, pastikan pilih waktu yang tepat ya, untuk posting konten di sosial media.

BERI KOMENTAR